Asteroid Seukuran Bus Akan Melintasi Bumi Besok, Berbahaya?

NASA melaporkan bahwa asteroid besar akan melewati Bumi pada Jumat (6/5/2022). Asteroid 2009 JF1 diketahui seukuran bus sekolah.

Menurut Suara.com, asteroid 2009 JF1 tidak akan menabrak Bumi pada Kamis (5/5/2022). Oleh karena itu, diklasifikasikan sebagai tidak berbahaya bagi planet yang kita tinggali.
Baca juga

Pembangunan Pusat Data Nasional di Batam dijadwalkan akan dimulai pada akhir 2022
Sesar baribis bisa memicu gempa Jakarta Selatan, tindakan pengendalian kerusakan harus disiapkan
Sesar Baribis yang aktif di wilayah Jakarta Selatan rawan gempa
8 Fakta Tentang Planet Jupiter, planet terbesar dan tercepat di tata surya, muncul dalam konjungsi planet
Google: Awas, Spyware Buatan Italia Bisa Menyusup ke iPhone dan Ponsel Android

Meski begitu, batu ruang angkasa ini telah menginspirasi rasa takut sejak awal. Juga secara singkat dimasukkan dalam daftar asteroid yang terancam punah oleh European Center for the Coordination of Near-Earth Objects.

Menurut prediksi awal, asteroid memiliki peluang 1 banding 1.400 menabrak Bumi saat mendekat pada Mei, tetapi data baru menurunkan risiko menjadi peluang 1 banding 1,7 juta.

Seperti namanya, asteroid 2009 JF1 pertama kali diamati pada 2009, tetapi para ilmuwan telah kehilangan jejaknya dan tidak dapat menentukan orbit dan kedekatannya dengan Bumi.
Ilustrasi Asteroid [Beng-Art/Pixabay]

Untungnya, alat untuk menentukan orbit asteroid telah menjadi lebih canggih sejak saat itu, dan pandangan baru pada data mengungkapkan besarnya risiko asteroid.

“Asteroid sekarang keluar dari daftar risiko kami dan akan terdegradasi bersama dengan objek rutin lainnya yang menimbulkan ancaman minimal,” kata Badan Antariksa Eropa (ESA) pada Februari, seperti dikutip CNET, Kamis (5/5/2022). .
arrow_forward_iosBaca selengkapnya
Didukung oleh GliaStudio

Diameter asteroid itu diperkirakan 10 meter atau seukuran bus sekolah. 2009 JF1 akan melewati sekitar 1.939.988 mil dari Bumi, yaitu sekitar delapan kali jarak rata-rata Bumi-Bulan.

Meskipun itu dekat dengan standar kosmik, itu masih jarak yang aman untuk mendekati Bumi.

Ini adalah laporan terbaru NASA tentang asteroid 2009 JF1, yang akan melewati Bumi besok. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Sumber :