Mark Zuckerberg Perkenalkan Headset Cambria VR, Inikah Pintu Masuk Metaverse?

Mark Zuckerberg baru saja meluncurkan headset VR baru yang belum pernah dilihat sebelumnya. Melalui video yang diunggah ke Facebook pribadinya, ia menyebut perangkat tersebut sebagai Proyek Cambria.

Meskipun bentuk fisik Cambria masih disamarkan, Zuckerberg telah mengatakan lebih banyak tentang apa yang dapat dilakukan perangkat tersebut. Pada dasarnya, Cambria adalah sepasang kacamata VR yang melengkapi Oculus Quest 2 yang sudah ada di pasaran. Fokus Cambria adalah pada pembuatan headset VR yang dapat menggabungkan interaksi antara dunia nyata dan dunia maya. Konsep ini disebut Mixed Reality atau Realitas Gabungan.

Dalam video demo, Zuckerberg menggunakan Cambria VR untuk bermain game, menyelesaikan tugas, dan menampilkan pelatih kebugaran virtual. Menariknya, tidak ada perangkat tambahan seperti remote control, tongkat atau keyboard yang harus digunakan untuk interaksi. Hal ini karena VR memiliki daya komputasi yang tinggi dan software canggih yang dapat mengenali gerakan tangan pengguna.

Sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan tangannya di dunia maya. Zuckerberg mengatakan konsep Cambria bukan hanya dunia game virtual. Tapi ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Dia sendiri tidak menyebutkan tanggal mulainya. Termasuk kapan tepatnya headset VR akan diproduksi untuk publik.

Sejumlah pengamat memperkirakan Cambria akan dibanderol dengan harga $799 atau Rp11 juta. Namun, juru bicara meta mengatakan kepada TechCrunch bahwa harganya bisa jauh lebih tinggi. Ini berkat teknologi canggih yang disematkan pada proyek Cambria.

Sumber :