Tips Sewa Mobil Saat Mudik

Tips Sewa Mobil Saat Mudik – Banyak cara yang dilakukan para traveler untuk menuju kampung halamannya, salah satunya dengan menyewa mobil.

Hal ini dilakukan agar perjalanan lebih nyaman dan ia dapat dengan mudah membawa barang bawaan ke desa.

Menyewa atau menyewa mobil juga banyak digunakan oleh para pelancong yang menggunakan transportasi umum untuk bepergian di kota asalnya.

Namun, perlu diingat bahwa ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewa mobil agar tidak rugi dan tetap nyaman. 

Saat melansir dari rentalmobillampung.co.id, berikut beberapa tips sebelum memutuskan mudik dengan mobil sewaan.

Tips Sewa Mobil Saat Mudik

Tips Sewa Mobil Saat Mudik

1. Kesepakatan awal harus jelas

Sebelum Anda menyewa, pastikan Anda memahami betul kesepakatan atau kesepakatan tersebut. Menurut Tulus Ebadi, pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Bisnis.com pada 2014, kepedulian terhadap kesepakatan antara konsumen dan pemilik sewa menjadi hal utama. Mulai dari sistem pembayaran hingga kesepakatan tanggal pengembalian dan akibat dari keterlambatan pengembalian. 

2. Mengetahui syarat-syarat leasing.sangat

penting dan tidak bisa dianggap remeh. Setiap lokasi sewa memiliki kebijakan yang berbeda mengenai pembayaran, jadi tanyakan sampai sistem pembayaran jelas untuk menghindari kesalahpahaman. Selain itu, lebih baik memilih mobil dengan kebijakan pembatalan yang mudah atau pembatalan yang dapat dilakukan setelah pemesanan tanpa membayar apa pun. 

3. Pilih mobil.

Jangan hanya melihat mana yang lebih murah atau menawarkan promosi oleh penyewa, tetapi pertimbangkan kebutuhan Anda – jika Anda membutuhkan kendaraan berkapasitas besar, sebaiknya pilih SUV atau jenis kendaraan yang dapat menampung beberapa orang.

Selain itu, sebelum memilih mobil sewaan, perlu diketahui medan dan lalu lintas perjalanan agar mendapatkan mobil untuk perjalanan termasuk tempat parkir. 

4. Periksa kondisi mobil

Sebelum membawa mobil dari tempat persewaan, pastikan untuk mengecek kondisi mobil yang ingin Anda bawa bersama pemilik persewaan. Hal ini untuk melihat apakah ada kerusakan seperti goresan, lecet, atau kerusakan lain pada kendaraan. Tulis juga bahwa selain kondisi fisik kendaraan yang diperiksa, kondisi mesin dan suku cadang juga harus diperiksa agar Anda tidak mengalami masalah saat menggunakannya. Selain itu, kesepakatan penggantian suku cadang yang rusak saat menyewa juga harus jelas. 

5. Pastikan Anda memiliki asuransi sewa

Sebagai tindakan pencegahan, sebelum menyewa mobil untuk pulang di rental mobil lampung, pastikan Anda memiliki asuransi atau tidak. Jika tidak, pastikan Anda memiliki asuransi pribadi yang menjamin segala kerusakan atau kecelakaan saat menyewa mobil. Lebih baik untuk meminta penawaran atau